Minggu, 08 Desember 2013

Oh, My Baby...

Mei 2010...Menginjak kehamilan bulan ke-5 ...
Cek lagi ke dr Enny...Seperti biasa ngobrol2..trus usg...beliau bilang kondisi janin ok..tapiii...ada satu masalah..yaitu dokter melihat ada kelainan pada janin saya...dr Enny  melihat ada sumbing pada janin yang ada di perut saya...
Astagfirullah...
saya cuma berkata dalam hati.."Tidak, Tidak mungkin, saya sehat...tentunya bayi saya juga akan sehat.Dokter Enny pasti salah..."

Pada saat itu saya hanya diam, suami saya pun diam, dokter enny mulai menjelaskan keadaan bayi yang ada dalam kandungan saya serta kemungkinan yang ada...tapi suara dokter enny semakin tidak jelas karena saya sibuk dengan pikiran saya sendiri..
"Apa yang harus saya lakukan?Bagaimana ini bisa terjadi?bagaimana kelak jika ia lahir?apa yang harus saya katakan pada mama dan adik2 saya?apa yang akan orang bicarakan ttg anak saya?bagaimana merawat bayi dengan kondisi seperti itu?kuatkan saya menjalaninya?kenapa saya yang mengalaminya?apa salah/dosa saya?"dan banyak pertanyaan2 yang muncul di benak saya..

Ya Allah saya tidak tau harus berbuat apa...
dr Enny membesarkan hati saya..menyarankan saya mencari tau lebih banyak ttg "Labio Gnato Palato Schizis" a.k.a  celah bibir, langit-langit dan gusi...

Perjalanan pulang saya hanya diam saja sampai pada saat suami saya menyentuh tangan saya...dan..
tumpahlah air mata itu dengan sangat deras...suami pun merengkuh pundak saya dan berkata "kita hadapi bersama, kita lakukan yang terbaik.."
Ya Allah kuatkanlah kami menjalani semua...lancarkan semua urusan kami...

Selang beberapa hari saya dan suami berdiskusi kembali tentang bayi kami...kami memutuskan mencari 2nd opinion dari dsog lain..setelah tanya2..kami memutuskan ke dr Rukmono, beliau praktek di jl. monjali.
Seperti biasanya kita daftar dulu u/ antriannya, yang tidak saya sangka adalah jam praktek beliau yang woooww...
Kenapa? karena saya telp tanya harus datang jam berapa,petugas jaganya bilang saya bisa telp dulu lagi jam 10 malam u/ memastikan masih menunggu antrian berapa lama lagi...yang akhirnya masuk ke ruang dokter u/ konsul pukul 12.00 malam..Oh my God..
Ternyata alat usgnya (maaf) tidak lebih baik alias lebih jadul dr milik dokter sebelumnya..eng..ing..eng..usg dannn dokternya bilang ok...janinnya sehat..krn jam segitu masih aktif banget..
trus saya dan suami pandang2an sampe dokternya tanya apakah ada sesuatu..yess! km ceritakan kondisi sebenarnya and dokter mau usg ulang...lamaaaa...akhirnya bilang sepertinya ya tapi beliau belum bisa memastikan seberapa dalam celah tersebut.saya di rujuk ke klinik permata hati di sardjito dengan alat yang lebih lengkap.
Tapi pada akhirnya kami memutuskan tidak ke sardjito dan kembali ke dr Enny u/ kontrol lanjutan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar